Home » » Perbedaan Ekonomi Islam Dengan Ekonomi Konvensional

Perbedaan Ekonomi Islam Dengan Ekonomi Konvensional

Written By Unknown on Rabu, 14 Desember 2016 | 02.47

Islam adalah agama yang komplit, sehingga semuanya di atur di dalam nya, bukan hanya masalah Hablum MinaAllah, Hablum Minannast, tapi juga Hablum Minal Alam. kenapa yang terakhir alam juga di atur? karena alam juga merupakan ciptaan Allah yang harus kita jaga, dan Alam juga adalah pemberian Allah kepada manusia, dan manusia sebagai kholifah di perintahkan untuk memanfaatkan segala sumber daya yang ada di bumil. sebagaimana Allah berfirman
"يَاأَيُّهَا الَّذِينَ ءَامَنُوا أَنْفِقُوا مِنْ طَيِّبَاتِ مَا كَسَبْتُمْ وَمِمَّا أَخْرَجْنَا لَكُمْ مِنَ الْأَرْضِ وَلَا تَيَمَّمُوا الْخَبِيثَ مِنْهُ تُنْفِقُونَ وَلَسْتُمْ بِآخِذِيهِ إِلَّا أَنْ تُغْمِضُوا فِيهِ وَاعْلَمُوا أَنَّ اللَّهَ غَنِيٌّ حَمِيدٌ(267)الشَّيْطَانُ يَعِدُكُمُ الْفَقْرَ وَيَأْمُرُكُمْ بِالْفَحْشَاءِ وَاللَّهُ يَعِدُكُمْ مَغْفِرَةً مِنْهُ وَفَضْلًا وَاللَّهُ وَاسِعٌ عَلِيمٌ(268)
Artinya :
Hai orang-orang yang beriman, nafkahkanlah (di jalan Allah) sebagian dari hasil usahamu yang baik-baik dan sebagian dari apa yang Kami keluarkan dari bumi untuk kamu. Dan janganlah kamu memilih yang buruk-buruk lalu kamu nafkahkan daripadanya, padahal kamu sendiri tidak mau mengambilnya melainkan dengan memicingkan mata terhadapnya. Dan ketahuilah, bahwa Allah Maha Kaya lagi Maha Terpuji. Syaitan menjanjikan (menakut-nakuti) kamu dengan kemiskinan dan menyuruh kamu berbuat kejahatan (kikir); sedang Allah menjanjikan untukmu ampunan daripada-Nya dan karunia. Dan Allah Maha Luas (karunia-Nya) lagi Maha Mengetahui." Al Baqarah 267-268

langsung saja ini dia perbedaan ekonomi islam dengan ekonomi konvensional.

A. Ekonomi Islam
ekonomi adalah masalah menjamin berputarnya harta diantaranya manusia, sehingga manusia dapat memaksimalkan fungsi hidupnya sebagai hamba Allah untuk mencapai falah di dunia dan akherat (hereafter). Ekonomi adalah aktifitas yang kolektif. Ekonomi Islam adalah adalah ilmu yang mempelajari tentang perilaku ekonomi manusia yang perilakunya diatur berdasarkan aturan agama islam dan di dasari dengan tauhid sebagaimana di rangkum dalam rukun iman dan rukun islam.

Ada berbagai perbedaan pendapat di berbagai tokoh yaitu
1. Yusuf Qardhawi, pengertian ekonomi islam adalah ekonomi yang berdasarkan pada ketuhanan. Esensi dari sistem ekonomi ini yaitu bertitik tolak dari Allah, tujuan akhirnya kepada Allah dan memanfaatkan sarana yang tidak lepas dari syari’at Allah.
2. Umer Chapra, pengertian ekonomi islam, adalah suatu cabang ilmu pengetahuan yang membantu manusia dalam mewujudkan kesejahteraannnya melalui alokasi dan distribusi berbagai sumber daya langka sesuai dengan tujuan yang ditetapkan berdasarkan syari’ah (al-‘Iqtisad al-Syariah) tanpa mengekang kebebasan individu secara berlebihan, menciptakan ketidakseimbangan makro ekonomi dan ekologi, atau melemahkan solidaritas keluarga dan sosial serta ikatan moral yang terjalin di masyarakat.
3. Syauqi Al-Faujani, pengertian ekonomi islam adalah segala aktivitas perekonomian beserta aturan-aturannya yang di dasarkan kepada pokok-pokok ajaran agama islam tentang ekonomi.
4. Ziauddin ahmad seorang ekonom yagn berasal dari pakistan, merumuskan bahwa pengertian
5. Louis Cartori, pengertian ekonomi islam adalah upaya dalam merumuskan ilmu ekonomi yang berorientasi manusia dan berorientasi masyarakat yang menolak ekses individualisme dalam ilmu ekonomi klasik.
6. Veithzal dan Andi Buchari, pengertian ekonomi islam adalah sebagai suatu ilmu multidimensi atau interdisiplen, komprehensif dan saling terintegrasi, mencakup ilmu islam yang bersumber dari Al-qur’an dan sunnah serta ilmu-ilmu rasional. Dengan ilmu tersebut manusia dapat mengatasai keterbatasan sumber daya untuk mencapai kebahagiaan.
7. Nejatullah ash-Shiddiqi, pengertian ekonomi islam adalah tanggapan atau respon para pemikir muslim terhadap berbagai tantangan ekonomi pada mamsa tertentu. Dalam hal ini mereka dituntun oleh Al-qur’an dan sunnah serta akal (pengalaman dan ijtihad).
8. M. metwally, pegnertian ekonomi islam adalah ilmu yang mempelajari perilaku Qur’an, hadis, ijma dan Qiyas.
9. Ziauddin ahmad seorang ekonom yagn berasal dari pakistan, merumuskan bahwa pengertian ekonomi islam adalah upaya pengalokasian sumber-sumber daya untuk memproduksi barang dan jasa sesuai petunjuk Allah SWT untuk memperoleh Ridha-Nya.
10. Khursid Ahmad, pengertian ekonomi islam adalah suatu upaya sistematis untuk mencoba memahami permasalahan ekonomi dan perilaku manusia dalam hubungannya dengan permasalahan tersebut dari sudut pandang islam.
11. Abdul Mannan, pengertian ekonomi islam adalah suatu ilmu pengetahuan sosial yang mempelajari permasalahan ekonomi dari orang-orang memiliki nilai-nilai islam.
12. M. hasanuzzaman, pengertian ekonomi islam adlaah pengetahuan dan aplikasi ajaran-ajaran dan aturan-aturan syariah yang mencegah ketidakadilan dalam pencarian dan pegenluaran sumber-sumber daya, guna memberikan kepuasan bagi manusia dan memungkinkan mereka melaksanakan kewajiban mereka terhadap Allah dan masyarakt.
13. Akram khan, pegnertian ekonomi islam adalah ilmu yang mempelajari kesejahterraan manusia (falah) yang di capai dengan mengorganisir sumber-sumber daya bumi atas dasar kerjasama dan partisipasi.

Prinsip-Prinsip Ekonomi Islam
Secara garis besar ekonomi Islam memiliki beberapa prinsip dasar:
1 Berbagai sumber daya dipandang sebagai pemberian atau anugerah dari Allah swt kepada manusia.
2. Islam mengakui pemilikan peribadi dalam batas-batas tertentu.
3. Kekuatan penggerak utama ekonomi Islam adalah kerjasama.
4. Ekonomi Islam menolak terjadinya akumulasi kekayaan yang dikuasai oleh segelintir orang saja.
5. Ekonomi Islam menjamin pemilikan masyarakat dan penggunaannya direncanakan untuk kepentingan banyak orang.
6. Seorang muslim harus takut kepada Allah swt dan hari penentuan di akhirat nanti.
7. Zakat harus dibayarkan atas kekayaan yang telah memenuhi batas (nisab)
8. Islam melarang riba dalam segala bentuk.
Ciri Ekonomi Islam
Tidak banyak yang di kemukakan di dalam Al-qur’an hanya prinsip-prinsip yang mendasar saja. Karena alasan-alasan yang sangat tepat, Al-qur’an dan sunah banyak sekali membahas tentang bagaimana seharusnya kaum kaum muslim berperilaku sebagai produsen, konsumen dan pemilik modal, tetapi hanya sedikit tentang sistem ekonomi.
Ekonomi dalam islam harus mampu memberikan kesempatan seluas-luasnya kepada setiap pelaku usaha. Selain itu, ekonomi islam menekankan pada 4 sifat, yaitu antara lain:
1. Kesatuan (Unity).
2. Keseimbangan (equilibrium).
3. Kebebasan (free will).
4. Tanggungjawab (responsibility).

B. Sistem Ekonomi Konvensional
Sistem ekonomi kapitalis diawali dengan terbitnya buku The Wealth of Nation karangan Adam Smith pada tahun 1776. Pemikiran Adam Smith memberikan inspirasi dan pengaruh besar terhadap pemikiran para ekonom sesudahnya dan juga pengambil kebijakan negara.
Pada krisis ekonomi yang sering terjadi ditengarai adalah ulah dari sistem ekonomi konvensional. Karena ekonomi konvensional selalu mengedepankan sistem bunga sebagai instrumen provitnya. Hal ini jauh berbeda dengan yang ditawarkan sistem ekonomi syariah, dengan instrumen provitnya yaitu dengan cara bagi hasil.
Sistem ekonomi syariah sangat berbeda dengan ekonomi kapitalis, sosialis maupun komunis, ekonomi syariah bukan pula berada di tengah-tengah dari ketiga sistem ekonomi itu. Sangat bertolak belakang dengan kapitalis yang lebih bersifat individu, sosialis yang memberikan hampir semua tanggung jawab kepada warganya serta komunis yang ekstrim, ekonomi islam menetapkan bentuk perdagangan serta perkhidmatan yang boleh dan tidak boleh di transaksikan. Ekonomi dalam islam harus mampu memberikan kesejahteraan bagi seluruh masyarakat, memberikan rasa adil, kebersamaan dan kekeluargaan serta mampu memberikan kesempatan seluas-luasnya kepada setiap pelaku usaha.

C. Perbedaanya
1. Ekomomi Konvensional hanya mengedepankan kesejahteraan dunia, tapi Ekonomi Islam tidak hanya dunia tapi juga kesejahteraan Akhirat (falah)
2. Ekonomi Konvensional menggunakan sistem riba, tapi Ekonomi Islam menggunakan bagi hasil
3. Ekonomi Konvensional mengakui kepemilikan pribadi, tapi Ekonomi Islam kepimilikan tidak hanya di tunjukan untuk segelintir orang tapi sekolompok masyarakat

Demikian tulisan singkat saya seputar perbedaan ekonomi islam dengan konvensional, atau Perbedaan ekonomi islam dengan konvensiona, perbedaan ekonomi konvensional dengan ekonomi islam.

Share this article :

0 komentar:

Posting Komentar

About

 
Support : Your Link | Your Link | Your Link
Copyright © 2013. Akhmeeed Blog - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger